Selasa, 27 September 2011

Pengertian Geografi

1. Pengertian Geografi
      Istilah geografi pertama kali dikemukakan oleh Eratosthenes (176-194 SM). Istilah geografi berasal dari kata Yunani, yaitu dari kata geo yang artinya bumi dan graphein yang artinya tulisan atau gambaran. Jadi geografi berarti tulisan atau gambaran tentang bumi.
      Pengertian georgafi menurut Ikatan Geograf Indonesia (IGI) adalah sebagai berikut : "Geografi adalah ilmu yang mempelajari persamaan dan perbedaan fenomena di geosfer (muka bumi) dengan sudut pandang kelingkungan (ekologis) dan kewilayahan (regional) dalam konteks keruangan (space)".
      Pengertian geografi menurut beberapa ahli, antara lain berikut ini.
a.    Bintaro. Geografi adalah ilmu pengetahuan yang mencitra, menerangkan sifat bumi, menganalisis keadaan alam dan penduduk, serta mempelajari corak khas mengenai kehidupan dan berusaha mencari fungsi dari unsur bumi dalam ruang dan waktu.
b.    P. Haggett. Geografi memberikan perhatian terutama pada sistem ekologi dan sistem keruangan. Pada sistem ekologi berkaitan dengan manusia dan lingkungannya, sedangkan pada sistem keruangan berkaitan dengan hubungan antarwilayah.
c.    Strabo. Geografi erat kaitannya dengan karakteristik tertentu suatu tempat dan memperhtikan juga hubungan antara berbagai tempat secara keseluruhan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar